Berita / Pengumuman Terkini

 

Di halaman ini merupakan kegiatan terkini seputar Pengadilan Negeri Samarinda

Simulasi PERMA No.12 Tahun 2016

on Kamis, 16 Februari 2017. Posted in Berita

     Mahkamah Agung Republik Indonesia telah Mengeluarkan PERMA No.12 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelesaian Pelanggaran Lalu Lintas, atas beberapa pertimbangan antaranya :

  1. Bahwa penyelenggaraan peradilan dilaksanakan dengan asas sederhana, cepat, dan biaya ringan untuk membuka akses yang luas bagi masyarakat dalam memperoleh keadilan;
  2. Bahwa Pengadilan bersama dengan Kepolisian dan Kejaksaan adalah lembaga yang diberikan amanat untuk menyelenggarakan pengelolaan perkara pelanggaran lalu lintas berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta peraturan terkait lainnya;

     Mengingat pertimbangan dan dasar hukum yang ada, serta pentingnya sosialisasi kebijakan yang dikeluarkan untuk diketahui oleh masyarakat luas, Ketua Pengadilan Negeri/HI/TIPIKOR Samarinda Kelas IA Bpk.H.Dwi Sugiarto,S.H.M.H. turut mensosialisasikan bersama dengan Tim Sosialisasi PERMA No.12 tahun 2016 wilayah Kalimantan Timur yang digelar pada tanggal 8 s/d 10 februari 2017 lalu bertempat di Pengadilan Negeri Balikpapan Kelas IA. Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran Lalu Lintas yang dimaksud ialah berbasis elektronik berupa aplikasi e-tilang yang didukung dengan sistem informasi dan teknologi saat ini. Dengan adanya PERMA No.12 Tahun 2016 yang mendukung POLRI dalam meluncurkan aplikasi e-tilang, diharapkan dapat membersihkan praktek pungli yang masih sering terjadi didalam masyarakat akibat yang disebabkan oleh oknum oknum baik dalam proses penilangan hingga dalam proses persidangan .

     Sebelumnya Bpk.H.Dwi Sugiarto,S.H.M.H. juga telah memaparkan sosialisasi tersebut kepada seluruh hakim, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh karyawan/ti yang berada dalam ruang lingkup Pengadilan Negeri Samarinda dalam rapat evaluasi bulanannya yang digelar pada selasa (7/2/2017) lalu.