Berita / Pengumuman Terkini

 

Di halaman ini merupakan kegiatan terkini seputar Pengadilan Negeri Samarinda

Articles in Category: Berita

Penandatanganan Fakta Integritas dan Perjanjian Kinerja

on Rabu, 15 Januari 2020. Posted in Berita

Samarinda - Rabu (15/1/2020) bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Samarinda Kelas 1A, melakukan penandatanganan Fakta Integritas dan Perjanjian Kinerja tahun 2020 oleh Hakim, Panitera, Pejabat Fungsional,Pejabat Struktural, serta pegawai di lingkungan Pengadilan Negeri Samarinda Kelas 1A.

 

Penandatanganan Pakta Integritas dan Perjanjian Kinerja dipimpin langsung oleh ketua Pengadilan Negeri bapak Hongkun Otoh,SH.MH. yang diikuti seluruh Hakim, Pegawai, dan Para Honorer Pengadilan Negeri Samarinda Kelas 1A.

Fakta Integritas adalah pernyataan atau janji pada diri sendiri tentangkomitmen melaksanakan seluruh tugas, fungsi dan tanggung jawab, wewenang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku yangt disanggupi untuk tidak melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme.

 

PN Samarinda Bersama Pemkot Samarinda Adakan Sosialisasi Aplikasi e-Court, e-Litigasi, e-Raterang dan Gugatan Sederhana

on Jumat, 13 December 2019. Posted in Berita

Samarinda- Kamis 12 Desember 2019 Pengadilan Negeri/HI/Tipikor Samarinda Kelas IA bekerjasama dengan Pemerintah Kota Samarinda menggelar acara Sosialisasi Aplikasi E-Court  (E-filling, E-payment, E-Summons) , E-litigasi, E-raterang dan Gugatan Sederhana. Acara dihadiri oleh Wakil Walikota Bapak M.Barkati,S.sos. beserta biro hukum Setda Prov.Kaltim, Hakim Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, serta turut mengundang Bank se wilayah Samarinda, Jajaran Anggota PERADI, LKBH Pusaka, Kejaksaan Negeri Samarinda , Ketua Komisi Informasi Prov.Kalimantan Timur, Badan Pertanahan Kota Samarinda, KPU, Lurah , Camat serta tamu undangan lainnya.

Pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan doa oleh Bapak Mariyanto,SE.SH.MH. dan sambutan oleh Ketua Pengadilan Negeri/HI/Tipikor Samarinda Bapak Hongkun Otoh,SH.MH. yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya e-litigasi , menjadikan sistem peradilan lebih cepat dan lebih sederhana dan diharapkan di awal tahun 2020, E-litigasi dapat diterapkan diseluruh Pengadilan Tingkat Pertama. 

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh  Wakil Walikota Bapak M.Barkati,S.sos, kemudian seksi acara pemaparan e-court disampaikan oleh Bapak Deky Velix Wagiju selaku moderator, Dilanjutkan oleh Bapak maskur,SH dan Bapak Achmad Rasyid Purba yang memaparkan materi e-court dan e-liitgasi, kemudian materi e-raterang yang dipaparkan oleh Bapak R.yoes Hartyarso,SH.MH dan Bapak Ir.Abdul Rahman Karim,SH., dan materi Gugatan Sederhana yang dipaparkan oleh Bapak Rustam,SH.MH. dan Ibu Hasrawati Yunus,SH.MH.

Sebagai kesimpulan dalam pemaparan sosialisasi e-court , Bapak H.Zaeni,SH.MH Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur menyampaikan melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang berlaku.

Semoga dengan berjalannya Aplikasi E-court yang menjadi produk unggulan Mahkamah Agung dapat mempermudah para pencari keadilan di wilayah hukum Pengadilan Negeri Samarinda Kelas IAuntuk mendapatkan pelayanan maksimal serta mewujudkan suatu mekanisme kinerja yang transparan dan bertanggung jawab.