Berita / Pengumuman Terkini

 

Di halaman ini merupakan kegiatan terkini seputar Pengadilan Negeri Samarinda

Articles in Category: Berita

Kunjungan Kerja Komisi III DPR RI ke Prov.Kalimantan Timur

on Kamis, 19 Oktober 2023. Posted in Berita

[Samarinda, 18 Oktober 2023]

Mewakili Pengadilan Negeri/HI/Tipikor Samarinda Kelas IA , Ketua Pengadilan Negeri Bapak Darius Naftali,S.H.,M.H. Hadir dalam giat Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI ke Provinsi Kalimantan Timur masa Persidangan I Tahun Sidang 2023-2024 (Bidang Hukum, HAM dan Keamanan) Bertempat  di Platinum Hotel & Convention  Hall Balikpapan. Acara berlangsung selama 2 (dua) hari sejak tanggal 17-18 Oktober 2023. Selain KPN Samarinda, pada unsur peradilan hadir pula dalam giat tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Kaltim Bapak I Nyoman Gede Wirya,S.H.,M.H, sejumlah Hakim Tinggi Kaltim, dan beberapa Ketua Pengadilan Negeri yang ada di wilayah Kalimantan Timur, diantaranya Ketua PN Balikpapan, Ketua PN Tenggarong, Ketua PN Tanah Grogot, Ketua PN Sangatta,dan  Ketua PN Penajam.

Pembinaan Teknis dan administrasi peradilan bagi pimpinan, Hakim, dan Aparatur Peradilan Pengadilan pada Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 Lingkungan Peradilan seluruh Indonesia

on Selasa, 10 October 2023. Posted in Berita

Pengadilan Negeri/HI/Tipikor Samarinda Kelas IA mengikuti acara Pembinaan Teknis dan administrasi peradilan bagi pimpinan, Hakim, dan Aparatur Peradilan Pengadilan pada Tingkat Banding dan Tingkat Pertama pada 4 Lingkungan Perdailan seluruh Indonesia, yang disiarkan oleh Mahkamah Agung RI secara daring di labuan bajo, 9 oktober 2023 . Acara berlangsung pada pukul 19.00 wita.

 

Hadir dalam Acara pembinaan tersebut unsur  Pimpinan, Hakim, dan aparatur peradilan pada Pengadilan Negeri/HI/Tipikor Samarinda Kelas IA, diantaranya Ketua Pengadilan Negeri Samarinda Bapak Darius Naftali,S.H.,M.H, Wakil Ketua PN Bapak Ary Wahyu Irawan,S.H.,M.H., Panitera Bapak Hadi Riyanto,S.H., Sekretaris Bapak Firman Tupen lelang Ona,S.E., Serta Para Hakim baik Hakim Karir maupun Hakim Ad-Hoc pada Pengadilan Negeri Samarinda. Selain itu, Pembinaan ini dihadiri peserta dari unsur  Pimpinan, Hakim, dan aparatur peradilan dari Tingkat banding dan Tingkat Pertama pada 4 Lingkungan Peradilan seluruh Indonesia.

Dalam Sambutan dan Pembinaannya Bapak Prof.Dr. H.M.Syarifuddin,S.H.,M.H. selaku Ketua Mahkamah Agung RI memaparkan pokok-pokok bahasan sebagai berikut :

1) Terkait dengan Pengawasan dan Pembinaan oleh atasan langsung berdasarkan PERMA no. 8 Tahun 2016, KMA menyampaikan Pentingnya menjaga Integritas yang harus disadari para hakim dan seluruh aparatur pengadilan. Sama halnya seperti Iman, Integritas juga bisa mengalami pasang surut, sehingga fungsi pengawasan sangat dibutuhkan untuk memastikan Hakim dan Aparaturnya menjalankan tugas dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

2) Tentang Pengadaan Calon Pegawai Mahkamah Agung RI;

3) Tentang Perlindungan data dan Informasi pada Mahkamah Agung Ri dan Badan Peradilan dibawahnya;

4) Terakhir,tentang Himbauan Hakim dan aparatur peradilan menyongsong tahun politik. Sebagaimana diketahui bahwa sebentar lagi kita akan memasuki tahun politik. Oleh karenanya,KMA mengingatkan kepada segenap Hakim dan Aparatur peradilan di seluruh Indonesia agar tidak ikut dalam proses dukung mendukungpada salah satu calon yang berkontestasi dalam Pilpres maupun Pileg, baik secara langsung maupun tidak langsung termasuk di sosial media. Hal tersebut bertujuan agar tak menimbulkan persepsi publi bahwa kita bersikap tidak netral.

 

Kemudian, mengahiri sambutan dan pembinaannya , KMA melantunkan 2 (dua) bait pantun semangat kepada peserta “Malam cerah bertabur bintang, cahayanya terang bagai berlian, meskipun banyak godaan yang datang, tetaplah teguh pada pendirian. Makan lecirasanya nikmat, sungguh manis terasa alami, teguhkan hati luruskan niat jaga Integritas tanpa kompromi” lantunnya.