Berita / Pengumuman Terkini

 

Di halaman ini merupakan kegiatan terkini seputar Pengadilan Negeri Samarinda

Articles in Category: Berita

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018

on Selasa, 13 November 2018. Posted in Berita

Samarinda - Bertempat di lapangan kantor Pengadilan Negeri/HI/Tipikor , pagi ini Senin (12/11/2018) tepat pukul 08.00 WIB seluruh pegawai PN/HI/TIPIKOR Samarinda Kelas IA secara khidmat mengikuti jalannya upacara peringatan Hari Pahlawan ke 73. KPN Abdul Halim Amran,S.H.M.H. bertugas sebagai Inspektur Upacara dalam upacara ini.

Upacara peringatan Hari Pahlawan diawali dengan pengibaran bendera sang saka merah putih  diiringi menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya Inspektur Upacara membacakan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara dan dilanjutkan pembacaan UUD 1945 oleh petugas.  Seluruh petugas Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 tahun ini dilaksanakan oleh Para Calon Hakim Angkatan VIII tahun 20017.

Sudah 73 tahun dari sejarah pertempuran mempertahankan kemerdekaan adalah merupakan sejarah hari pahlawan yang tidak boleh hilang dari ingatan kita sebagai penerus-penerus perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 yang lampau.Peringatan Hari Pahlawan pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang yang telah mengabdikan hidupnya demi berdiri dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mari kita meniru semangat juang para pahlawan yang telah gugur dengan berkontribusi terhadap perkembangan bangsa Indonesia.

 

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-90 PN/HI/TIPIKOR Samarinda

on Selasa, 30 October 2018. Posted in Berita

      Samarinda -  Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke- 90, Pengadilan Negeri/HI/TIPIKOR Samarinda melaksanakan Apel di Halaman Kantor Gedung Tipikor PN Samarinda. Sesuai dengan SEMA Mahkamah Agung RI nomor 1325/SEK/HM.01.2/10/2018 tentang Penyelenggaranaan Hari Sumpah Pemuda ke 90 Tahun 2018 , upacara ini mengangkat tema "Bangun Pemuda Satukan Indonesia"  dipimpin oleh KPN Bapak Abdul Halim Amran,SH.MH.

      Pada peringatan upacara ini diikuti oleh seluruh Hakim, Panitera, Sekretaris, seluruh Panitera Muda dan Panitera Pengganti, seluruh Ka.Sub.Bagian, karyawan/karyawati, serta Calon Hakim Angkatan VIII Tahun 2017.

      Mengingat 28 Oktober sebagai Hari Sumpah Pemuda berarti mengingat semangat kaum muda di masa lampau. Dalam upaya meraih kemerdekaan, para pemuda dari berbagai daerah berkumpul untuk mengadakan kongres yang  bertujuan untuk  menyatukan Pemuda- pemuda dalam satu payung organisasi. Maka terbentuklah Kongres Pemuda,  pertama  terselenggara pada 1926 dan kedua diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928. Semangat mereka untuk berkumpul membahas perjuangan kemerdekaan tak tergerus meskipun harus menempuh perjalanan jauh. Ada yang dari Sunda, Sumatra, dan Ambon hingga pada ahirnya melahirkan keputusan yang kemudian disebut Sumpah Pemuda. Istilah Sumpah Pemuda muncul karena hasil Kongres yang bersejarah tersebut mempunyai semangat persatuan. Dari kongres ini kita bisa melihat semangat para pemuda untuk melakukan perubahan bagi bangsanya dengan membebaskan diri dari belenggu penjajahan.