Berita / Pengumuman Terkini

 

Di halaman ini merupakan kegiatan terkini seputar Pengadilan Negeri Samarinda

Articles in Category: Berita

Kegiatan Lomba Memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73

on Selasa, 07 Agustus 2018. Posted in Berita

     

  Samarinda - Memeriahkan peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, keluarga besar Pengadilan negeri Samarinda melaksanakan berbagai kegiatan lomba pada hari Jum’at  3 Agustus 2018 . 

     Kegiatan lomba yang sudah menjadi tradisi ini dilaksanakan dalam 2 sesi pada sesi pertama lomba dimulai dengan pertandingan Volley , kemudian  lomba catur, lomba permainan domino, dan  lomba joget balon . Sesi berikutnya akan berlanjut pada hari jum’at tanggal 10 agustus 2018 mendatang.

‪     Kegiatan lomba diikuti oleh para hakim, seluruh pejabat fungsional dan structural, dan seluruh pegawai pengadilan tanpa terkecuali. 

Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada PN/HI/Tipikor Samarinda

on Rabu, 25 July 2018. Posted in Berita

     Samarinda - Sesuai dengan SK Direktur Jendral Badan Peradilan Umum Nomor: 77/DJU/SK/HM02.3/2/2018 tentang Pedoman Standar Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Negeri, Pengadilan Negeri Samarinda telah meresmikan dan menerapkan sistem PTSP tersebut. Sistem  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pada Badan Peradilan adalah sebagai bentuk upaya yang dilakukan Mahkamah Agung untuk mencegah maraknya praktik pungutan liar di berbagai lembaga peradilan di Indonesia. Selain itu adanya Sistem  Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) juga untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat dan para pencari keadilan.

     Dengan PTSP diharapkan pelayanan administrasi publik  terhadap masyarakat dapat lebih cepat, mudah dan efisien. Jika sebelumnya masyarakat harus menunggu beberapa hari untuk mengurus administrasi hukum, kini dengan adanya  sistem one day service PTSP bisa menyelesaikan dalam waktu sehari saja. PTSP akan memudahkan proses kepengurusan pelayanan antara lain administrasi Perdata, Pidana, Hukum dan PHI. Biaya yang dibayarkan akan sesuai dengan rincian biaya yang terpampang di ruang tunggu PTSP pengadilan Negeri Samarinda sehingga lebih transparan.